PELATIHAN SIUKESDes Se Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara

PELATIHAN SIUKESDes

Perangkat Desa Bantrung NARSIS

 

Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) pada hari Selasa tanggal 16 Oktober 2018 di Balai Desa Bantrung Kecamatan Batealit kabupaten Jepara yang di Laksanakan oleh TAPEM.Nur Khamid dan Di damping oleh semua Pendamping Desa. pelatihan yang pertama di laksanakan oleh dinas terkait. Pelaksanaan pelatihan siskeudes dilaksanakan langsung di ruang Balai Desa BAntrung  .kegiatan tersebut di buka langsung oleh Bapak TAPEM.Nur Khamid. dalam sambutan beliau menyampaikan selamat datang kepada 15 peserta yang terdiri dari 7 desa yang ada di Kecamatan Batwealit, dari 7 Desa tersebut merupakan Desa yang telah memiliki dokumen APBDes tahun 2018, tidak sedikit desa-desa yang meminta untuk ikut pelatihan pada gelombang pertama ini, namun hanya desa-desa yang sudah memenuhi persyaratan saja yang dapat menjadi peserta dalam pelatihan ini,tandasnya.

Dalam kesempatan ini juga beliau menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang sudah bekerja keras menyelesaikan dokumen APBDes tahun 2018, serta mengingatkan kepada Desa agar mengelola dana desa sesuai regulasi yang ada.SIKIUDes ini merupakan Syarat untuk pencairan berikutnya.

Siskeudes ini merupakan sebuah aplikasi keuangan desa yang dapat memudahkan desa untuk melaporkan keuangan desa. Siskeudes sudah diaplikasikan sejak tahun-tahun sebelumnya (2016) namun belum semua desa menggunakan aplikasi tersebut karena keterbatasan keterampilan mengenai aplikasi siskeudes. Akan tetapi pada tahun anggaran 2018 diharapkan semua desa se-kabupaten Kabupaten Bima sudah menggunakan aplikasi siskeudes dalam membuat laporan keuangan desa. Adapun desa-desa yang menjadi peserta pelatihan gelombang pertama terdiri dari :

  1. GENENG
  2. SUMOSARI
  3. BANTRUNG
  4. BRINGIN
  5. NGASEM
  6. PEKALONGAN
  7. BAWU

Dari peserta diatas terlihat jelas bahwa desa Geneng juga merupakan peserta dalam pelatihan siskeudes Gelombang Pertama. Ini merupakan kebanggan tersendiri bagi Petinggi beserta jajaran pemerintah Desa Geneng, namun ini semua tidak terlepas dari Kerja Keras BPD serta kesadaran masyarakat yang menunjang percepatan penyusunan APBDes tahun 2018. Mudah-mudah hal semacam ini terus di pertahankan lebih-lebih di tingkatkan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan