KERJA BAKTI PEMERINTAH DESA GENENG

  • Mar 08, 2023
  • Bustanul Anwar
  • BERITA

 

Pemerintah Desa Geneng Bersama Babinsa dan Babinkamtibmas di bantu semua elemen masyarakat desa menormalisasikan Irigasi yang berada di jalan raya desa geneng. karena sepanjang aliran irigasi dari parohan banyu sampai depan balai desa sudah dangkal sehingga air meluap kejalan sehingga banyak jalan yang berulang karena derasnya aliran air.

Hal yang dilakukan dalam kerja bakti

Terdapat sejumlah hal yang biasanya dilakukan dalam kegiatan kebersihan warga. Berikut sejumlah kegiatan dalam kerja bakti:

  • Membuang sampah berserakan
  • Mengelompokkan sampah sesuai jenisnya
  • Membersihkan selokan yang mampet
  • Memangkas ranting pohon yang sudah terlalu lebat
  • Menanam kembali tanaman di ruang terbuka
  • Membersihkan tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk
  • Menyediakan tempat sampah di sejumlah titik di wilayah permukiman

Baca juga: Manfaat Bersih-Bersih Rumah dan Cara Merapikannya yang Tepat

Manfaat kerja bakti untuk kesehatan dan lingkungan

Lingkungan bersih tentu saja akan membawa nilai positif dalam kesehatan. Inilah hal-hal yang akan didapat dari melakukan aktivitas bersih-bersih bersama warga:

1. Lingkungan rumah menjadi lebih nyaman

Kebersihan akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi lebih indah. Anda akan terbebas dari sampah-sampah kecil yang bisa merusak pemandangan. Terlebih lagi, lingkungan yang bersih akan membuat suasana tempat tinggal menjadi asri dan nyaman untuk ditinggali.

2. Menurunkan risiko penyebaran penyakit

Lingkungan yang kotor tentu menjadi sarang penyakit. Genangan air bisa menjadi sarang dari nyamuk aedes aegypti penyebar virus DBD. Selain itu, tumpukan sampah juga bisa menjadi habitat bagi para tikus penyebar bakteri Leptospirosis.

Itu sebabnya, membersihkan lingkungan sekitar dapat menurunkan risiko penyebaran penyakit.

3. Mencegah banjir

Saat kerja bakti, warga akan membersihkan lingkungan tempat tinggal secara menyeluruh, salah satu yang tak luput adalah saluran air. Melakukan pembersihan di saluran air bisa mencegah mampet yang berpotensi menimbulkan banjir saat curah hujan tinggi. 

Selain merusak rumah, banjir juga dapat meningkatkanrisiko terkena penyakit seperti diare, tifus, dan hepatitis A

4. Meningkatkan kesejahteraan

Kerja bakti akan membuat Anda lebih kenal dan dekat dengan tetangga. Mengenal orang yang tinggal berdekatan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dalam kehidupan, terutama pada warga yang memasuki usia paruh baya. Pasalnya, kenal dengan tetangga akan menurunkan tingkat kekhawatiran akan hidup dalam kesendirian di masyarakat.

Mengenal dan bersosialisasi dengan tetangga juga dapat meningkatkan rasa berguna dan respek dalam diri seseorang. Tidak hanya itu, Anda bisa saja membangun support system yang solid ketika menjalin hubungan baik dengan tetangga.

5. Membentuk rasa empati antarwarga

Bergotong royong untuk memelihara lingkungan dapat membangun rasa empati antarwarga yang melakukannya. Masing-masing individu pun akan sadar bahwa kebersihan ini diciptakan bersama-sama dan harus dijaga bersama-sama pula.

6. Menjaga kesehatan mental

Tindakan sukarela membersihkan lingkungan bersama warga sekitar juga bermanfaat untuk kesehatan mental seseorang. Komunikasi yang rutin bersama orang lain akan membuat seseorang lebih tahan terhadap stres dan depresi ketika menghadapi masalah.

Selain itu, tindakan sukarela ini juga bisa memberikan rasa puas dan kebahagiaan dalam diri seseorang.

7. Meningkatkan kreativitas

Selepas kerja bakti dan lingkungan menjadi bersih, biasanya muncul cara-cara unik dalam menjaga kebersihan tetap tahan lama. Banyak warga akan menaruh tempat sampah di beberapa titik untuk memudahkan pengumpulan sampah. Bisa juga membuat hiasan untuk mempercantik wilayah.

Upaya untuk mempertahankan kebersihan, kenyamanan, dan keamanan lingkungan ini bisa jadi ajang untuk mengasah kreativitas warga.

perlu kesadaran masyarakat agar membuang limbah rumah tangga jangan ke aliran irigasi!